Thu, 25 Apr 2024

Detail Berita

Vaksinasi dan Pengambilan Sampel pada Ternak Besar untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Hewan Ternak

Admin Dinas
Mar 17

Vaksinasi dan Pengambilan Sampel pada Ternak Besar untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Hewan Ternak

Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar melakukan Kegiatan Vaksinasi dan Pengambilan Sampel pada Ternak Besar di Kelurahan Tamangapa kecamatan Manggala. Kamis, 16 Maret 2023

 

 

Vaksinasi dilakukan dengan tujuan untuk memicu respon tubuh ternak, dengan memasukkan agen penyebab penyakit dengan dosis tertentu, yang diharapkan mampu merangsang reaksi kekebalan yang akan meningkatkan sistem kekebalan hewan/ternak untuk bereaksi secara cepat dan efektif terhadap penyakit yang mungkin menyerang ternak di lapangan. Vaksinasi dirancang untuk mencegah penyakit yang akan datang dan tidak berarti mencegah terjadinya infeksi.

 

Salah satu cara untuk melakukan pengendalian terhadap penyakit adalah dengan melakukan upaya pencegahan penyakit diantaranya dengan melakukan vaksinasi yang merupakan suatu upaya mengurangi interaksi antara organisme penyebab penyakit dengan tubuh hewan sampai pada tingkat hanya memicu pembentukan antibodi (kekebalan tubuh, karena jumlah agen penyakit telah dikurangi atau dimatikan, oleh sebab hospes telah terlindungi dan atau infeksi pada tubuh hewan dapat dicegah.