Wed, 26 Jun 2024

Detail Berita

UPT Balai Benih Ikan (BBI) Parang Tambung menerima kunjungan dosen dan rombongan mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Admin Dinas
May 21

UPT Balai Benih Ikan (BBI) Parang Tambung menerima kunjungan dosen dan rombongan mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Makassar, 20 Mei 2024 - UPT Balai Benih Ikan (BBI) Parang Tambung menerima kunjungan Dr. Ir. Edison Saade, M.Sc Dosen Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin (Unhas) beserta rombongan mahasiswa program magister S2 Universitas Hasanuddin sebanyak 15 orang. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan observasi dan sharing terkait penerapan teknologi di bidang akuakultur khususnya melihat pengaplikasian teknologi pemberian pakan ikan secara otomatis berbasis internet pada induk ikan lele yang dipelihara di BBI. Sekaligus melihat penerapan teknologi tenaga Surya pada instalasi akuaponik yang diaplikasikan di UPT BBI Parang Tambung.
Dalam sambutannya, Mustakim S.Pi selaku Kepala UPT BBI Parang Tambung menjelaskan bahwa penggunaan teknologi otomatisasi dan digitalisasi, khususnya dalam penggunaan alat automatic fish feeder serta pengoperasian akuaponik yang berbasis teknologi tenaga Surya yang diaplikasikan di UPT BBI Parang Tambung, merupakan tindak lanjut dari hasil beberapa Rakorsus yang dilaksanakan oleh pemerintah kota Makassar. Hal ini juga mendukung program pemerintah kota Makassar menuju Makassar smart city, khususnya di sektor perikanan.