Sun, 19 May 2024

Detail Berita

Kegiatan pengendalian hama dan penyakit tanaman secara ramah lingkungan Di kelompok tani ma'minasae kel. Laikang kec. Biringkanaya

Admin Dinas
Jan 21

Kegiatan pengendalian hama dan penyakit tanaman secara ramah lingkungan Di kelompok tani ma'minasae kel. Laikang kec. Biringkanaya

Hama dan penyakit pada tanaman merupakan salah satu kendala yang sangat mengganggu dalam usaha pertanian. Serangannya pada tanaman dapat datang secara mendadak dan dapat bersifat eksplosif (meluas) sehingga dalam waktu yang relatif singkat seringkali dapat mematikan seluruh tanaman dan dapat menimbulkan gagal panen.

Akibat serangan hama, produktivitas tanaman menjadi menurun, baik kualitas maupun kuantitasnya. Oleh karena itu kehadirannya perlu dikendalikan, apabila populasinya di lahan telah melebihi batas ambang ekonomi.

Dalam beberapa dekade terakhir upaya pengendalian penyakit di banyak negara berkembang  didominasi oleh penggunaan pestisida. Dan dari tahun ke tahun jumlahnya semakin bertambah. Akan tetapi manajemen pengelolaan penyakit dengan cara ini menimbulkan banyak masalah. Kerusakan kelestarian alam, gangguan kesehatan pada manusia dan munculnya patogen baru yang lebih resisten.  Oleh karena itu dibutuhkan suatu teknik pengelolaan penyakit yang lebih komprehensif yang ramah bagi manusia dan lingkungan namun tetap efektif dalam mengendalikan penyakit.

maka dari itu dinas perikanan dan pertanian kota makassar melaksanakan kegiatan Pengendalian hama dan penyakit tanaman secara ramah lingkungan di kelompok tani Ma'minasae Kel. Laikang Kec. Biringkanaya, Selasa 21 Januari 2020.