Sun, 05 May 2024

Detail Berita

INDAHNYA TRACKING MANGROVE LANTEBUNG

Admin Dinas
Dec 26

INDAHNYA TRACKING MANGROVE LANTEBUNG

Makassardpp -Hari ini, Sabtu (21/12/2019), saya mendapat informasi dari Bapak Saraba’ selaku Ketua Kelompok Pengelola Ekowisata Mangrove Lantebung, bahwa pembangunan tracking mangrove tahap IV sudah selesai.

Pembangunan ini merupakan kontribusi dari Bank Indonesia melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Selain penambahan panjang tracking, Bank Indonesia juga membangun 1 unit gazebo dan spot foto yang berbentuk kepiting sebagai simbol mata pencaharian nelayan setempat yakni sebagai pencari kepiting.

Pembangunan ini merupakan lanjutan dari pembangunan sebelumnya yang telah dilaksanakan selama 3 tahun berturut-turut. Pekerjaan konstruksi yang melibatkan masyarakat setempat.

Pada tahun 2016, pembangunan dimulai melalui pembuatan tracking mangrove dan pondok informasi. Pembangunan melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, Coastal Community Development Project – International Fund Agriculture Development (CCDP-IFAD) Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar.

Pada tahun 2017-2018, pembangunan dilanjutkan dengan penambahan panjang tracking dan 2 unit gazebo. Pembangunan dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut.

Saya kira, hadirnya kawasan ekowisata mangrove ini sangat bermanfaat bagi peningkatan pendapatan masyarakat setempat dan penambahan luas tutupan mangrove. Pasca pembangunan, kegiatan penanaman mangrove sangat intens dilakukan oleh berbagai pihak baik Instansi Pemerintah maupun swasta.

Jika anda ke sana, jelas sekali bedanya. Rasakan sensasi dan keindahan tracking mangrove Lantebung, wahana ekowisata milik kita semua.

(penulis syamsul bahri/boger)