Fri, 19 Apr 2024

Detail Berita

Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar kembali Menggelar Kegiatan Pasar Tani Anging Mammiri

Admin Dinas
Mar 08

Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar kembali Menggelar Kegiatan Pasar Tani Anging Mammiri

Guna memfasilitasi pemasaran bagi produk-produk komoditi hasil kegiatan Urban Farming pertanian perkotaan, Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) pemerintah kota Makassar kembali menggelar kegiatan Pasar Tani Anging Mammiri di halaman parkir kantor Gabungan Dinas, rabu (8/3/2023).

 


Disela-sela memantau pelaksanan Pasar Tani, Kepala dinas DP2 Evy Aprialty,.SE,M.Si menyampaikan bahwa kegiatan Pasar Tani ini adalah upaya pemerintah kota Makassar dalam memfasilitasi para Kelompok Tani, KWT, Pelaku Usaha guna mempromosikan dan menjual produk pertanian, perikanan dan peternakan mereka. Pemberdayaan KWT dan UMKM lorong diharapkan mampu memberikan pendapatan ekonomi dari usaha skala rumah tangga dari lorong. Ditambah lagi potensi pemasaran sangat baik mengingat kota Makassar merupakan sentra konsumen yang harus dimanfaatkan para pelaku usaha termasuk KWT.



Selain dalam bentuk buah dan sayuran segar, beberapa olahan hasil lorong yang dijual di Pasar Tani antara lain, Abon ikan dan telur, beragam kripik, bubuk cabei memasan, sambal cabai kemasan, berbagai makanan, minuman dan kue-kue.



Sementara itu Kabid Pertanian DP2 Ir. Indri Djaharuddin mengungkapkan bahwa event ini dilaksanakan berkala. Kesempatan bagi yang telah mampu berproduksi menghasilan komoditi segar maupun olahan dalam wilayah kota Makassar. Diharapkan hasil-hasil budidaya dari kebun lorong dan olahan dari UMKM lorong juga semakin banyak dan beragam dijual oleh KWT binaan DP2 di Pasar Tani, dan akan difasilitasi pembinaan dan tempat secara gratis.