Wed, 24 Apr 2024

Detail Berita

Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar Melaksanakan Giat Survei Kasus Gigitan Anjing di kompleks Citra Tello Permai, Kelurahan Panaikang, Kecamatan Panakkukang

Admin Dinas
Mar 06

Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar Melaksanakan Giat Survei Kasus Gigitan Anjing di kompleks Citra Tello Permai, Kelurahan Panaikang, Kecamatan Panakkukang

Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar - Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (DP2) melaksanakan Giat Survei Kasus Gigitan Anjing. Bertempat di kompleks Citra Tello Permai, Kelurahan Panaikang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Jum'at, (03/03/2023).

 



Pagi hari tadi pukul 09.00 petugas DP2 mendapatkan laporan masyarakat terkait adanya kasus gigitan anjing dari salah satu warga di Kompleks Citra Tello. Tim petugas Bidnak DP2 segera menindaklanjuti laporan tersebut. Dokter Hewan Bidnak DP2 drh. Rudi Tirto Utomo yang turun langsung ke lokasi bersama tim segera bertemu dengan pihak RT dan RW setempat untuk memastikan informasi tersebut dan memang benar ada salah satu warganya yang digigit anjing.

Menurut informasi saat itu, korban sedang berjalan disekitar kompleks perumahannya seperti biasa dan ditengah perjalanan korban melihat ada tiga (3) ekor anjing berkeliaran disekitarnya dan tiba-tiba salah satu dari ke tiga anjing tersebut berlari memburu korban dan mengiggit kaki korban. Kejadian tersebut sangat cepat. Beruntungnya korban segera ke puskesmas setempat.

Informasi terakhir yang di terima petugas, korban sudah dibawa ke puskesmas terdekat dan telah ditangani oleh petugas puskesmas setempat. Anjing yang mengigit korban sudah diamankan oleh pemiliknya untuk kemudian dilakukan pemantauan dan observasi lebih lanjut oleh petugas Bidnak DP2. Dua ekor anjing lainnya sudah divaksinasi rabies oleh petugas. Petugas Bidnak DP2 terus memantau perkembangan kasus tersebut dan melakukan observasi selama 14 hari kedepan sejak dilaporkannya kasus gigitan tersebut pagi hari tadi. Apabila selama masa observasi anjing yang mengigit korban tersebut tidak mati, maka korban akan aman dari penyakit rabies.