Thu, 25 Apr 2024

Detail Berita

Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar Melakukan Kegiatan Pelatihan Pembuatan Abon Ikan

Admin Dinas
Jun 06

Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar Melakukan Kegiatan Pelatihan Pembuatan Abon Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang banyak dibutuhkan dan dikonsumsi manusia, karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein memiliki fungsi sebagai zat pembangun, pengatur, pengganti bagian tubuh atau jaringan yang telah rusak. Selain itu protein juga dapat menjadi sumber energi dan memiliki kandungan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

 

 

Sebagai upaya untuk memasyarakatkan gemar makan-makanan berbahan dasar ikan, Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar melakukan kegiatan  Pelatihan Pembuatan Abon Ikan. Kegiatan pelatihan tersebut bertempat di Hotel Ibis Makassar, Senin (5/6/2023) dan di buka langsung oleh Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar Ibu Evy Aprialti, SE., MM. 

 

Ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi berupa protein, lemak, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Ikan yang melimpah juga dapat memberikan suatu masalah dalam proses konsumsi, karena orang cenderung akan jenuh apabila mengkonsumsi ikan yang kurang berinovasi dalam mengolah makanan dari bahan dasar ikan. Olahan pangan dari bahan dasar ikan ini sebenarnya sangat banyak macamnya, salah satunya adalah abon ikan.

 

Abon ikan adalah jenis makanan awetan yang terbuat dari ikan yang diberi bumbu, diolah dengan cara perebusan, penggorengan dan pengepresan atau pemisahan minyak. Produk yang dihasilkan mempunyai bentuk lembut, rasa enak, bau khas, dan mempunyai daya awet yang relatif lama.