Sat, 04 May 2024

Detail Berita

Aktivitas rutin demplot LAT pemberian pakan udang lobster dan mengaplikasian probiotik kolam bioflok nila di BPP Sudiang

Admin Dinas
Apr 19

Aktivitas rutin demplot LAT pemberian pakan udang lobster dan mengaplikasian probiotik kolam bioflok nila di BPP Sudiang

Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar melalui Bidang Perikanan Budidaya melaksanakan kegiatan Demplot LAT Pemberian Pakan Udang Lobster, & Mengaplikasian Probiotik Kolam Bioflok Ikan Nila di Kompleks Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sudiang, Kamis (18/04/2024).

Permintaan akan produk perikanan semakin meningkat dengan bertambahnya jumlah penduduk dunia. Oleh sebab itu maka penerapan akuakultur secara intensif perlu dilakukan dengan menggunakan lahan dan sumber air secara efisien, keberlanjutan serta ramah terhadap lingkungan. Metode budidaya yang sesuai dengan tujuan di atas salah satunya adalah dengan penerapan teknologi bioflok.

Teknologi bioflok merupakan sistem budidaya yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas air dengan cara mengkonversi nitrogen anorganik sehingga dapat meningkatkan kualitas air, peningkatan pertumbuahan dan mikrobial dengan cara menambahkan sumber karbon pada budidaya sistem intensif. Teknologi ini sangat mungkin diterapkan dengan pergantian air yang minim dan penggunaan padat tebar yang tinggi baik pada budidaya udang, ikan nila serta polyculture mirror carp, silver carp dan big head carp.

Peningkatan volume flok pada media pemeliharaan akan menekan jumlah pemberian pakan yang diberikan. Flok yang terkandung pada kolam pemeliharaan merupakan pakan potensial bagi ikan atau udang karena tersedia selama 24 jam.