Sun, 02 Oct 2022

Halaman

Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Usaha

Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Usaha

  • Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Usaha mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan pengembagan kelembagaan, ketenagaan dan metode serta informasi penyuluhan perikanan, tanaman padi, palawija, hortikultura dan peternakan.
  • Bidang Kelembagaan dan Pembinaan Usaha membawahi 3 (tiga) seksi yang terdiri atas :
    1. Seksi Pengolahan dan Pemasaran

Seksi Pengolahan dan Pemasaran merupakan salah satu seksi di Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Usaha dengan lingkup pengembangan dan pembinaan pengolahan dan pemasaran produk hasil perikanan, tanaman padi, palawija dan hortikultura dan peternakan. Seksi Pengolahan dan Pemasaran  melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan produktivitas produk olahan perikanan yang berdaya saing dan untuk menjamin ketersediaan data hasil olahan dan beberapa komoditas perikanan, tanaman padi, palawija dan hortikultura dan peternakan. Berbagai kegiatan dilakukan untuk meningkatkan produktivitas hasil olahan melalui pelatihan peningkatan mutu produk pasca panen dan olahan hasil perikanan, pendampingan dan pengawasan terhadap produk hasil olahan guna untuk menjamin keamanan mutu produk yang dihasilkan dengan mengikutsertakan masyarakat khususnya kelompok pengolah dan pemasar. Bukan hanya itu saja Seksi Pengolah dan Pemasar juga memberikan bantuan sarana,  memfasilitasi kelompok dan pelaku usaha dalam memasarkan produk mereka melalui kegiatan pasar tani, membantu mempromosikan potensi dan peluang bisnis industri kelautan dan perikanan sehingga nantinya dapat menjadi sarana untuk bertukar informasi harga dari pasar, baik itu pasar tradisional maupun pasar modern yang ada di Kota Makassar yang pada akhirnya dapat menarik daya beli produk kelompok binaan Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar.

  1. Seksi Kelembagaan dan Penyuluhan

Seksi Kelembagaan dan Penyuluhan merupakan seksi yang menangani kelembagaan kelompok dan tenaga penyuluh perikanan, pertanian dan peternakan. Seksi kelembagaan dan penyuluhan ini mempunyai wewenang menyusun data dan informasi berkenaan dengan kelembagaan kelompok dan ketenagaan penyuluhan. Kelembagaan kelompok yang dimaksud merupakan kelompok tani, kelompok wanita tani (KWT), kelompok ternak, kelompok perikanan dan pelaku usaha. Kegiatan yang mendukung pelatihan-pelatihan kelompok untuk meningkatkan sumber daya manusia kelompok, mengidentifikasi dan penilaian kelembagaan kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan kelas kelembagaan kelompok. Kegiatan yang mendukung untuk peningkatan dan pembinaan penyuluh mencakup penyusunan program penyuluhan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan penyuluhan di lapangan dan pembuatan demplot-demplot pertanian di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai tempat pembelajaran bagi penyuluh dan kelembagaan kelompok.

 

 

  1. Seksi Pengembangan IPTEK

Seksi Pengembangan IPTEK juga salah satu seksi di Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Usaha. Seksi ini berperan dalam mendorong peningkatan penerapan teknologi di bidang peternakan, peningkatan kualitas mutu produk segar dan olahan serta pemasaran hasil pertanian. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan tidak terlepas dari penyediaan data dan informasi yang akurat, tepat waktu dan disajikan secara sistematis sehingga sangat diperlukan kegiatan berupa identifikasi kebutuhan teknologi di bidang peternakan, selain itu pelatihan juga dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi kelompok peternak serta dukungan sarana dan prasarana berupa pengadaan biogas. Pelatihan untuk mendorong penerapan teknologi peternakan berupa teknologi HAY, SILASE, pupuk organic dan teknologi perikanan difokuskan kepada teknologi yang mendukung pada peningkatan kualitas baik produk segar dan olahan, sedangkan teknologi pertanian untuk meningkatkan hasil pemasaran produk.

 

  • Jumlah personil bidang perikanan sebanyak 15 orang, yang terdiri dari :
  • Kepala Bidang 1 (satu) orang
  • Kepala Seksi                3 (tiga) orang
  • Staf PNS                11 (sebelas) orang
  • Staf Tenaga Kontrak 11 (sebelas) orang