Sat, 20 Apr 2024

Detail Berita

Satuan Tim Gerak Cepat (TGC) PMK DP2 melakukan kegiatan Surveilance dan Penanganan Lanjutan Kasus PMK di Kota Makassar

Admin Dinas
Aug 08

Satuan Tim Gerak Cepat (TGC) PMK DP2 melakukan kegiatan Surveilance dan Penanganan Lanjutan Kasus PMK di Kota Makassar

 

Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar Satuan Tim Gerak Cepat (TGC) PMK DP2 melakukan kegiatan Surveilance dan Penanganan Lanjutan Kasus PMK di Kota Makassar.


Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DP2 A. Herliyani, S.TP., MM bersama Satuan Petugas Tim Gerak Cepat (TGC) memimpin jalannya surveilance dan penanganan PMK di beberapa lokasi di Kota Makassar. Jum'at, (5/8/2022).


Tim bergerak dengan melakukan penyusuran surveilance di beberapa lokasi terpantau dan sedang dalam penanganan. Penerapan Pemotongan Bersyarat dilakukan oleh Tim Satgas (TGC) PMK DP2 terhadap hewan/ternak masyarakat jika positif PMK. Penerapan ini berlaku jika ditemukan kasus serupa.


Satgas Tim (TGC) PMK (DP2) terus berupaya menekan dan memutuskan rantai penularan penyakit PMK di Kota Makassar. Tim terus gencar melakukan penyusuran surveilance PMK di Kota Makassar.


Dari data Satgas Tim Gerak Cepat (TGC) PMK DP2 kota Makassar lanjutan dari pemeriksaan dan penanganan kasus PMK sampai hari ini diperoleh hasil pemeriksaan Jum'at, 5 Agustus 2022 :
Total Jumlah Hewan/Ternak terperiksa dengan keterangan : Sapi : 12 ekor. Total Terperiksa sebanyak 12 ekor. Dengan Keterangan :  Sakit : 0 ekor, Sembuh : 0 ekor, Mati : 0 ekor, Potong : 2 ekor, Sisa Kasus : 10 Kasus.


Berbagai upaya gencar dilakukan oleh Satgas Tim (TGC) PMK yaitu, dengan melakukan pengetatan lalulintas hewan ternak, penutupan wilayah (lockdown), melakukan disinfeksi, melanjutkan pemberian multivitamin dan antibiotik pada hewan ternak yang sehat ataupun yang sakit serta tim juga terus gencar melakukan edukasi kepada peternak dan masyarakat terkait perkembangan kasus PMK di Kota Makassar.

Satgas Tim (TGC) PMK DP2 kembali mendapatkan laporan dari masyarakat adanya gejala PMK pada ternaknya. Tim segera merespon dan saat ini tim mendalami kasus tersebut.