Sun, 02 Oct 2022

Detail Berita

Kegiatan Pengawasan Lalu Lintas Ternak Dan Produk Peternakan Secara Terpadu Oleh Satgas Tim Gerak Cepat (TGC) PMK

Admin Dinas
Aug 07

Kegiatan Pengawasan Lalu Lintas Ternak Dan Produk Peternakan Secara Terpadu Oleh Satgas Tim Gerak Cepat (TGC) PMK

Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar bersama Petugas Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DP2 serta Tim Satgas (TGC) PMK Kota Makassar kembali gencar melakukan kegiatan Pengawasan Lalu Lintas Ternak dan Produk Peternakan secara terpadu serta . Kegiatan yang dilaksanakan jelang tengah malam pada hari ini berlokasi di perbatasan Makassar-Maros (Biringkanaya), Makassar-Gowa (Tamangapa-Malengkeri). Sabtu,(6/8/2022).

Pengawasan yang dilakukan sampai larut malam ini terus rutin dilakukan dan sekaligus sebagai upaya-upaya dan sebagai antispasi kemungkinan penyebaran penyakit hewan menular. kegiatan pengawasan terus gencar dan intensif dilakukan oleh Satgas Tim Gerak Cepat (TGC) PMK.

Pemerintah Kota Makassar melalui DP2 terus berupaya agar masyarakat memperoleh bahan pangan produk asal hewan yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) di Kota Makassar.

Tim Satuan Petugas (SATGAS) yang dilibatkan dalam pengawasan yang berjalan pada malam hari ini yaitu ; POLRI, TNI dan SATPOL PP dalam fungsinya sebagai satgas pengamanan yang bersinergi terlibat secara langsung untuk terus mengawal kegiatan ini sesuai dengan SK penempatan tugas masing-masing di pos wilayah yang telah ditetapkan. Pemeriksaan yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu pemeriksaan dokumen dan klinis hewan.

Adapun yang diperiksa untuk ternak besar/kecil (sapi, kerbau dan kambing) adalah Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal hewan, Surat kepemilikan hewan atau surat dari Dinas asal hewan dan dilakukan pemeriksaan pemeriksaan Klinis hewan dan sementara yang dilperiksa pada unggas adalah ; DO dari perusahaan/surat kesehatan dari Dinas asal hewan. Jika ditemukan unggas yang mati, maka akan diturunkan dari mobil dan disita.